Nama Tokoh Wayang : Karna (Semangat Wayang)

0 97

Dalam kisah dunia pewayangan episode Mahabarata, pasti semua ingat dengan nama Karna. Itu anaknya Kunti yang lahir dari telinga dan lalu di buang di sungai gangga dan ditemu oleh seorang kusir kerajaan Astina yang bernama Adirata. Kebetulan keluarganya mandul sehingga dia ambil bayi tersebut dan menganggapnya karunia dari Tuhan. Anak ini diberinama Saratiputra atau Basusena. Sebagai seorang kusir kerajaan, sebenarnya dapat fasilitas yang lumayan, serta gaji yang cukup.

Sayangnya Basusena ini suka sekali dengan keprajuritan, sehingga tidak berkenan dididik oleh ayahnya untuk menjadi kusir. Secara tegas dia menolak, dan secara diam-diam Karna ngintip Druna ketika memberi pelajaran kanuragan kepada Pandawa dan Kurawa. Hal ini bisa dilakukan Karna karena dia sering ikut ayahnya ke kota raja. Karna tidak secara langsung di didik oleh Druna, tetapi segala yang diajarkan Druna bisa dia kuasai. Druna ahli strategi perang dan ahli kanuragan, artinya olah raga, lebih kerennya guru kungfu ala China, karate ala Jepang, di Indonesia atau melayu ya Pencaksilat saja.

Pada jaman dulu belum ada pistol dan senapan atau bom atau meriam. Yang canggih saat itu adalah panah. Bagaimana Karna mampu menyerap ajaran Druna walau sebatas mendengar? Siapa bilang hanya dengar? Itu ilmu praktek, tidak hanya teori, tetapi butuh praktek langsung. Meskipun benar.

Source Pos poswayang.wordpress.com/2011/06/14/karna-semangat-belajar-dalam-dunia-wayang
Comments
Loading...