Nama Tokoh Wayang : Kenal Dekat Sosok Wisanggeni

0 264

Festival Wayang Indonesia (FWI) 2015 resmi digelar. Tahun ini tema yang diangkat ialah “Wisanggeni”. Tema ini diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan, Bambang Wisanggeni. Wisanggeni sendiri dalam pewayangan adalah putra Arjuna. Ia merupakan pemuda yang pemberani dan bisa menjadi pemersatu di keluarga Pandawa. Wisanggeni juga dikenal dekat dengan siapa saja.

Ia tidak pernah pakai basa krama (bahasa Jawa halus) ke siapa pun. Selalu pakai basa ngoko (bahasa Jawa yang lebih akrab)

kata Ketua Umum Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) dalam Konferensi Pers FWI 2015, di Cafe Batavia, Sabtu (12/9/2015). Kesaktian Wisanggeni dikisahkan melebihi putra-putra mahabrata lain. Ia tidak tinggal di bumi melainkan di khayangan Sanghyang Wenang. Ia mati dalam perang Baratayuda. Menurut ramalan Sanghyang Wenang, Pandawa akan kalah jika Wisanggeni turut berperang di pihak Pandawa. Akhirnya ia menjadi tumbal dan mencapai moksa (tidak bereinkarnasi).

Wisanggeni sebenarnya bukan tokoh yang ada dalam Kitab Mahabrata. Ia merupakan tokoh buatan pujangga Jawa. Kisah hidupnya yang dikisahkan sangat sedikit, meliputi empat tahap: lahir, bersosialisasi (krida), menikah, dan meninggal.

Wisanggeni itu tidak ada dalam kitab Mahabrata ya, jadi dia tokoh buatan

papar dalang wayang kulit, Ki Sambowo.

Source travel.kompas.com travel.kompas.com/read/2015/09/13/080600827/Mengenal.Lebih.Dekat.Sosok.Wisanggeni
Comments
Loading...