Nama Tokoh Wayang : Kresna, Tokoh Wayang Top

0 699

Kresna merupakan tokoh pewayangan Jawa yang merepresentasikan filosofi memayu hayuning bawana. Konsep tersebut merepresentasikan pemikiran manusia Jawa sebagai mahkluk Tuhan yang harus hidup dengan menjaga keharmonisan dan keselamatan di dunia. Tugas Kresna sebagai penjaga ketertiban di dunia semata-mata karena ia merupakan titisan Batara Wisnu, sang dewa kesejahteraan. Prabu Kresna lahir dari perkawinan Prabu Basudewa, raja Mandurapura dan Dewi Mahendra.

Narayana (panggilan muda Kresna) sejak muda memang dikenal sebagai pribadi yang gemar berfilsafat dan menuntut ilmu untuk mencapai keutamaan. Meskipun anak dari seorang raja besar, ia tidak pernah tinggal di keraton (kerajaan) sejak kecil. Sosoknya justru sangat dekat dengan rakyat kecil seperti pedagang dan petani. Sebagai titisan Batara Wisnu, Kresna memiliki beberapa kekuatan yang dimiliki dewa. Ia memiliki kemampuan Triwikrama, yaitu menjelma menjadi sosok raksasa besar, Brahalasewu.

Dalam bahasa Jawa, brahala berarti ‘buruk’ atau ‘jelek’, sewu berarti ‘seribu’. Brahalasewu banyak digambarkan sebagai sosok raksasa buruk rupa yang memiliki seribu kepala dan banyak tangan yang menggenggam berbagai macam senjata. Triwikrama hanya akan muncul ketika angkara murka dan kejahatan telah menguasai dunia, serta dikala amarah Kresna telah mencapai puncaknya. Kemampuan Kresna menjadi sosok raksasa mirip dengan karakter Hulk, manusia yang dapat mengubah wujud menjadi mutan raksasa hijau ketika amarah memuncak dalam sekuel Marvel.

Source Kumparan kumparan.com/bagas-putra-riyadhana/5-tokoh-wayang-berkekuatan-superhero
Comments
Loading...