Nama Tokoh Wayang : Kumbakarna, Simbol Patriot

0 146

Dalam kisah pewayangan, tokoh wayang yang bernama Kumbakarna ini sangat menarik bagi sebagian pecinta wayang nusantara. Tokoh wayang Kumbakarna yang berwujud raksasa ini malah dijadikan salah satu simbol dari tiga sosok wayang yang dijadikan rujukan untuk membakar semangat nasionalisme dan patriotisme dalam membela negara. Bersama-sama dengan tokoh wayang Basukarna (Adipati Karna) dan Patih Suwanda (Bambang Sumantri), Kumbakarna ini kemudian dijadikan inspirasi oleh KGPAA Mangkunegara IV (1809-1881) untuk menulis Serat Tripama.

Sebuah serat atau tulisan yang berisikan tentang kisah kepahlawanan dalam membela negaranya. Namun mengapa pilihan tulisan ini pada sosok Kumbakarna saja? Nanti dalam kesempatan yang lain akan saya tuliskan pula mengapa saya lebih memfokuskan tulisan ini untuk sosok wayang bertubuh raksasa ini daripada dua sosok satriya yang lainnya.

Sosok wayang Kumbakarna ini adalah perlambang bagi seorang ksatriya yang  berjuang membela negaranya atas dasar kecintaannya terhadap negara dan menjalankan dharmanya sebagai seorang ksatriya di medan pertempuran. Atas dasar itulah Kumbakarna akhirnya maju berperang membela negeri Alengka bukan atas dasar membela Rahwana kakaknya yang menjadi raja di Alengka .

Source Kompas kompasiana.com/jatikumoro/5ca57c18cc52835b96622702/kumbakarna-simbol-nasionalisme-patriotisme-dan-bela-negara
Comments
Loading...