Nama Tokoh Wayang : Kumbokarno (Kumbakarna)

0 920

Kumbokarno (Kumbakarna)

Kumbokarno adalah musuh dari lakon cerita wewayangan seperti halnya Anoman dan Rama. Ia dikenal sebagai raksasa yang berbadan sangat besar dan berparas jelek. Ia memiliki kelemahan yaitu tidur yang lama sekali, yaitu 6 bulan lamanya. Dan pada waktu dia tertidur dia tidak bisa menggunakan kekuatannya.  Dia memiliki saudara kandung yang bernama Rahwana / Rahwono. Keduanya tidak memiliki hubungan yang dikatakan harmonis.

Ia selalu tidak setuju apa yang Rahwono kerjakan. Ia selalu dan selalu menasehati kakaknya Rahwono. Ia sering memberikan nasihat kepada Rahwono, menyadarkan bahwa tindakanya keliru. Ketika Rahwono kewalahan menghadapi Sri Rama, maka ia menyuruh ia menghadapinya. Ia sebenarnya tahu bahwa kakaknya salah, tetapi demi membela Alengka tanah tumpah darahnya dia pun maju sebagai prajurit melawan serbuan Rama. Ia sering dilambangkan sebagai perwira pembela tanah tumpah darahnya, karena ia membela Alengka untuk segala kaumnya, bukan untuk Rahwono saja, dan ia berperang melawan Rama tanpa rasa permusuhan, hanya semata-mata menjalankan kewajiban.

Saat Kerajaan Alengka diserbu oleh Rama dan sekutunya, Rahwono memerintahkan pasukannya untuk membangunkan ia yang sedang tertidur. Utusan Rahwono membangunkan Kumbokarno dengan menggiring gajah agar menginjak-injak badannya serta menusuk badannya dengan tombak, kemudian saat mata Kumbokarno mulai terbuka, utusannya segera mendekatkan makanan ke hidung Kumbokarno. Setelah menyantap makanan yang dihidangkan, Kumbokarno terbangun.

Source My Wayang Berbagi untuk Semua
Comments
Loading...