Nama Tokoh Wayang : Kunti, Melahirkan Pemimpin

0 237

Dalam jagad pewayangan, tokoh Dewi Kunti dikenal sebagai seorang ibu yang telah melahirkan dan mendidik para pemimpin atau kesatria utama. Lima satria Pandawa yang terkenal di jagad pewayangan itu, seperti Yudhistira, Bima (Werkudoro), Arjuna, Nakula dan Sadewa, lahir dan dibesarkan olehnya dengan penuh kasih sayang dan tanpa pamrih. Ia membesarkan dan mendidik semuanya sesuai dengan naluri dan tanggungjawabnya sebagai seorang ibu.

Dewi Kunti merupakan puteri Surasena, sepupu Raja Kuntibhoja. Ketika kecil ia bernama Pritha. Karena Raja Kuntibhoja belum mempunyai seorang anak, oleh ayahnya Pritha kecil lalu diserahkan kepada sang raja tersebut untuk dijadikan anak angkat. Setelah diangkat sebagi anak angkat oleh Prabu Kuntibhoja, nama Pritha kemudian diganti menjadi Dewi Kunti. Bagi Prabu Kuntibhoja, kehadiran Dewi Kunti benar-benar membawa anugerah, karena tak lama setelah itu permaisuri sang prabu mengandung.

Dewi Kunti merupakan perempuan yang cantik. Kecantikannya tidak hanya terlihat secara lahiriah, tapi juga secara batiniah. Ia benar-benar perempuan yang cantik secara lahir dan batin. Karena kecantikan, kelemah-lembutan dan kehalusan budinya itu,maka Dewi Kunti yang sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh Prabu Kuntibhoja kemudian diberi tugas sebagai penyambut tamu-tamu terhormat kerajaan. Sekalipun ia memiliki kecantikan secara lahir dan batin, tetapi sebagai seorang perempuan dirinya memiliki kekurangan yang sangat berarti. Ada Resi.

Source Warta perwara.com/2017/dewi-kunti-melahirkan-dan-mendidik-para-pemimpin
Comments
Loading...