Nama Tokoh Wayang : Kuwera, Pemimpin Roh-roh Jahat

0 199

Kuwera pertama kali muncul sebagai pemimpin dari roh-roh jahat, kegelapan. Brahmana Shatapatha menyebut Kuwera sebagai pimpinan dari para pencuri dan penjahat. Di dalam cerita Mahabharata dijelaskan bahwa Kuwera lahir dari seekor sapi. Pada jaman tersebut Kuwera masih dianggap sebagai assura. Baru kemudian di buku Manusmerti, dia mendapat posisi yang dihormati sebagai pelindung dunia atau Loka-pala. Menurut beberapa Purana, seperti Gautama Dharmasastra dan Apastamba, bahwa pada awalnya Kuwera adalah seorang manusia.

Setelah beberapa waktu akhirnya Kuwera mencapai status kedewataan, dengan sebutan “dewa Kekayaan” dan dewa paling sejahtera. Kemudian Kuwera mendapatkan berbagai julukan, seperti Loka-pala atau pelindung dunia, penjaga arah utara atau Dik-pala, namun juga kadang-kadang dianggap penguasa arah mata angin di timur, seperti yang disebutkan dalam cerita Ramayana. Begitu juga tentang kedudukan Kuwera sebagai dewa baru disebutkan dalam buku Grihyasutra.

Menurut cerita, Kuwera merupakan saudara tiri dari Rahwana, Kumbhakarna dan Wibisana. Dia menjadi penguasa di daerah Alanka dengan istana yang indah serta kegemerlapan. Hal ini membuat Rahwana iri. Untuk mengalahkan Kuwera, Rahwana melakukan pemujaan terhadap Dewa Siwa untuk memohon kekuatan, agar bisa mengalahkan Kuwera. Setelah melakukan pemujaan dan pertapaan yang sulit, akhirnya Rahwana mendapatkan kekuatan untuk menandingi Kuwera dan Rahwana akhirnya bisa mengalahkan Kuwera. Atas kekalahan ini, maka kerajaan dan kendaraan.

Source majalahhinduraditya.blogspot.com majalahhinduraditya.blogspot.com/2012/12/pemujaan-dewa-kuvera-untuk-kesejahteraan.html
Comments
Loading...