Nama Tokoh Wayang : Lupit, Wayang Golek Tegal

0 355
Wayang Golek Tegal

Belajar dari Lupit. Tokoh Lupit memiliki perwatakan apa adanya dan selalu menjalani hidup penuh keikhlasan ini diharapkan menjadi filosofi warga Kabupaten Tegal. Tokoh Lupit memang selalu memberi celotehan-celotehan menarik, ringan dan renyah, tetap tanpa melupakan makna yang tersirat dalam celotehannya. Apabila kita melihat wujud dari golek lupit, kita mungkin tidak menduga jika tokoh tersebut ternyata memberikan peran yang sangat sentral, walaupun Lupit ini bukan tokoh utama dalam pertunjukan wayang golek ala Ki Enthus.

Kehadirannya menjadi warna pertunjukan Wayang Golek Tegal. Suara Lupit adalah suara rakyat. Dalam dunia pedalangan, ada carangan yang hampir sama yaitu dengan tokoh Gareng-Petruk, juga representasikan ketokohan kawula. Lakon yang menarik adalah ketika Petruk Dadi RatuKetika terjadi gonjang-ganjing sudah sampai pada taraf sangat tidak wajar, para kawula (Punakawan) mulai membangkang. Puncak pembangkangan terjadi ketika Petruk melabrak Kahyangan Jonggring Saloko (Istana Para Penguasa), mengobrak-abrik dan merekonstruksi tatanan yang selama ini dipakai para penguasa, serta para elite yang melakukan manipulasi. Petruk turun tangan merebut “kekuasaan”.

Yang perlu disikapi dalam lakon Petruk Dadi Ratu atau dalam carangan Tegal Lupit dadi ratu. Euforia seperti ini tengah dirasakan pula orang rakyat Indonesia ketika Jokowi-JK memenangi Pilpres 2014. Simbolisme kemenangan rakyat dalam merebut singgasana R1 melalui sosok Jokowi di Patron Petruk dadi Ratu.

Source My Wayang Kompasiana
Comments
Loading...