Nama Tokoh Wayang : Palasara, Leluhur Pandawa

0 88

Resi Palasara merupakan leluhur para Pandawa dan Kurawa. Beliau adalah ayah dari Abiyasa yang merupakan kakek para Pandawa. Resi Palasara juga merupakan cucu buyut dari Begawan Manumayasa yang merupakan orang pertama di dunia yang dikawulani oleh Semar dan anak-anaknya. Kisah Resi Palasara tergolong unik, istrinya yang bernama Dewi Durgandini atau Dewi Setyowati adalah putri Kerajaan Wirata. Waktu itu Dewi Durgandini yang merupakan putri Prabu Basukesti memiliki penyakit aneh, yaitu sekujur tubuhnya memiliki luka bernanah dan menimbulkan bau amis.

Maka dia dikenal pula dengan nama Dewi Lara Amis. Menurut petunjuk yang ada penyakit ini hanya bisa disembuhkan dengan laku tirakat, yaitu harus menjadi tukang perahu di sungai Yamuna (anak sungai Gangga). Maka demi mencapai kesembuhan Dewi Lara Amis dilepas oleh ayahandanya ke sungai tersebut. Dalam pada itu tersebutlah seorang pertapa muda yang sudah bertahun-tahun bertapa di dekat sungai Yamuna.

Namanya Palasara. Semar sebagai pemomong merasa kasihan karena tubuhnya sampai ditumbuhi lumut dan belukar.  Semar minta kepada para dewa agar mencarikan jalan keluar atas laku yang dijalankan oleh bendaranya itu. Akhirnya para dewa mengirimkan sepuluh bidadari yang cantik untuk menggoda sang pertapa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/rusrusman522/5c5911c1bde57572b908cd13/resi-palasara
Comments
Loading...