Nama Tokoh Wayang : Pandawa, Tokoh Mahabharata

0 201

Pandawa adalah tokoh utama dalam wiracarita Mahabharata. Mereka adalah putera Prabu Pandudewanata, raja kerajaan Hastinapura. Pandawa merupakan saudara sepupu dengan para Korawa. Pandu adalah adik dari Destrarasta, ayah para Korawa.


Yudhistira


Ia adalah sulung Pandawa, ibunya adalah Dewi Kunti. Dia memiliki sifat yang sangat bijaksana, jujur dan tidak mau bermusuhan dengan siapapun. Yudhistira memiliki julukan Dharmasuta yang berarti putera Dharma, Ajathasatru yang berarti tidak memiliki musuh dan Bharata yang berarti keturunan Maharaja Bharata.


Bima

Bima atau Werkudara adalah Pandawa yang kedua. Ibunya adalah Dewi Kunti. Dia adalah titisan Bathara Bayu, sehingga mendapat julukan Bayushuta. Bima dikenal sebagai tokoh yang memiliki fisik, tinggi, lengannya panjang, sangat kuat dan memiliki wajah paling sangar dibanding Pandawa yang lain. Meski terkesan kasar dan mudah marah, namun sebenarnya ia berhati mulia. Bima memiliki senjata bernama gada Rujakpala. Puteranya bernama Gatotkaca, Antareja dan Antasena.


Arjuna

Arjuna adalah putera bungsu Dewi Kunti dan Pandu. Ia adalah Pandawa yang ketiga. Arjuna adalah titisan Dewa Indra. Ia memiliki keahlian dalam ilmu memanah dan dia dianggap sebagai ksatria terbaik oleh gurunya, Begawan Drona. Arjuna memiliki banyak nama panggilan, diantaranya adalah Dhananjaya, Kirti (yang bermahkota indah, dia diberi mahkota indah dari Dewa Indra, saat berada di surga), Partha.
Nakula dan Sadewa

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/pandawa
Comments
Loading...