Nama Tokoh Wayang : Parikesit (Pariksita), Putra Abimanyu

0 379

Parikesit atau Pariksita adalah putra dari Abimanyu dan Dewi Utari. Ia merupakan cucu Arjuna yang kemudian mewarisi takhta kerajaan Kuru. Parikesit memiliki putra bernama Janamejaya dari istrinya Madrawati. Parikesit memiliki watak  bijaksana, jujur dan adil. Parikesit lahir pada hari terakhir Bharatayudha. Ayahnya, Abimanyu gugur sebelum ia lahir. Abimanyu gugur oleh gada Kyai Glinggang atau Galih Asem milik Jayadrata. Pada hari ke-18, terjadilah pertarungan antara Aswatama dengan Arjuna.

Dalam pertarungan itu, baik Aswatama maupun Arjuna, sama-sama mengeluarkan senjata Brahmastra. Pertarungan keduanya pun dilerai oleh Resi Byasa. Keduanya, diminta untuk menarik senjata Brahmastra mereka. Namun Aswatama tidak berhasil melakukannya, dan ia diberi pilihan untuk mengarahkan ke objek lain. Aswatama mengarahkan senjatanya ke kandungan Dewi Utari. Senjata itu pun membunuh Parikesit yang masih berada dalam kandungan.

Namun bayi parikesit dapat dihidupkan kembali oleh Kresna. Sebelum kelahiran parikesit, Resi Domya meramalkan kepada Yudistira bahwa setelah Parikesit lahir, ia akan menjadi pemuja setia Dewa Wisnu. Dan setelah dia diselamatkan oleh Bhatara Kresna, Parikesit akan dikenal sebagai Vishnurata (orang yang dilindungi oleh Sang Dewa). Resi Domya juga meramalkan bahwa Parikesit akan selamanya mencurahkan kebajikan, ajaran agama dan kebenaran, menjadi pemimpin bijaksana, tepatnya seperti Ikswaku dan Rama dari Ayodhya. Ia juga akan menjadi ksatria panutan seperti Arjuna.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/parikesit
Comments
Loading...