Nama Tokoh Wayang : Patih Sengkuni, Tubuh Cacat

0 58

Patih Sengkuni, bertubuh cacat

Nasib Patih Sengkuni sama dengan Begawan Drona, yaitu menjadi bulan-bulanan Gandamana. Pada mulanya Gandamana menjadi patih di Astina. Pandudewanata memerintahkan Gandamana menyerang negeri Pringgodani untuk perluasan kerajaan. Rupanya Gandamana terjebak di suatu lubang yang dalam. Sengkuni bukannya menolong, melainkan malah meninggalkan begitu saja dan melaporkan bahwa Gandamana tidak mampu memimpin pasukan, sehingga kocar-kacir dan telah tewas. Pandu mempercayai laporan itu dan mengangkat Sengkuni menjadi patih Astina. Selang beberapa waktu kemudian, Gandamana muncul dan langsung menyeret Sengkuni ke luar dan menghajar habis-habisan hingga tubuhnya cacat.

Alkisah seorang teruna bernama Harya Suman dari kanagarian Plasajenar. Berparas rupawan, cendekiawan dengan tutur kata menawan. Bermodalkan kemonceran akal dan keluwesan tutur kata, memikat banyak pihak. Potensi diri luar biasa karunia Hyang Maha Wikan. Perjalanan waktu, menguji kemurnian potensi diri dengan ambisi pribadi. Kepandaian akal sedikit bergeser menjadi mengakali. Menyemai bibit kelicikan seolah tak kelihatan. Memelintir kebenaran sebagai alat mencapai tujuan pribadi maupun golongan.

Awalnya nurani diri mengingatkan, namun lama-lama menjadi keterusan oleh pembiasaan. Brak….. mulut Harya Suman dirobek oleh Patih Gandamana yang menjadi korban fitnahnya. Saatnya terbukti, bubrahnya tatanan oleh pemutarbalikan fakta. Sangka uni….sengka uni…[berawal dari perkataan] jadilah Sengkuni alias Sangkuni si lidah ular berbisa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ws-thok/5500adfba333115263512369/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-4#
Comments
Loading...