Nama Tokoh Wayang : Petruk, Berhidung Panjang

0 63

Petruk adalah nama tokoh pewayangan, anak Semar yang tubuhnya jangkung, hidungnya panjang (mancung kebablasan), pusarnya

bodong

dan mempunyai ‘kuncir’ panjang. Jika ada orang yang mempunyai ciri-ciri seperti itu, biasanya dipanggil ‘petruk’. Petruk ini dinamakan juga ‘Kantong Bolong’, karena dermawannya, apa yang dikantongi akan mudah tersalur ke orang lain, ibarat kantongnya bolong. Selain itu Petruk pandai ‘nembang’/menyanyi dan paling luwes berolah seni. Dalam pewayangan, bersama dengan bapaknya (Semar), kakaknya (Gareng) dan adiknya (Bagong/Bawor) sebagai ‘punakawan’ tugas utamanya menghibur para tuannya, ksatria berbudi luhur yang bisa berganti-ganti tergantung lakon yang dimainkan.

Namun, saat lainnya Petruk bisa memerankan tokoh sentral. Lakon yang terkenal adalah “Petruk Dadi Raja”, “Petruk Nagih Janji”, dll. Petruk pernah menjadi raja di Ngrancangkencana dengan gelar Prabu Belgeduwelbeh atau Welgedugelbeh. Kesaktiannya tidak tertandingi karena memegang ‘jamus kalimasada’ yang dilarikannya. Akhirnya kalah dengan Pandu Pregola dariKerajaan Rancanggribig, yang tidak lain adalah kakaknya sendiri yang menyamar, yaitu Gareng. Lakon yang melibatkan tokoh punakawan ini penuh kelucuan sepanjang ceritanya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ws-thok/5500a8daa33311bb74511bb0/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-3
Comments
Loading...