Nama Tokoh Wayang : Prabu Bisawarna, Putra Wibisana

0 302

Sebuah petuah penggalan dari sebuah cerita wayang dalam lakon “wahyu Sri Makutha Rama”, ketika Sang Begawan Wibisana mewariskan kerajaan Singgela (Alengkadirajakepada putranya Prabu Bisawarna. Sang Begawan meninggalkan petuah petuah sebagai berikut.

Sang Begawan Wibisana berkata sifat seorang penguasa haruslah bawaleksana berbudi, artinya “bawaleksana” adalah menepati setiap janji janji yang diucapkan, sebab sebuah janji kepada rakyat adalah sebuah janji yang di-ikrarkan kepada diri sendiri disertai saksi dari semua rakyat, maka sangat berat hukum nya bila tidak menepati janji tersebut.

sedang arti dari berbudi adalah harus didasari 3 sifat, yaitu sifat jejeg e adil” yaitu bisa bersifat adil dan dan tanpa membeda bedakan kepada siapa sebuah keadilan itu diberikan, bersifat gumelar e wasesa artinya dalam menjalan kan kekuasaan nya harus bersifat mengayomi/memberikan perlindungan kepada semua orang yang membutuhkannya tidak ada sifat yang membeda bedakan layaknya orang tua kepada putra putrinya sendiri, dan bersifat gedening panguasa artinya harus mampu dengan kekuasaan nya memberikan hukuman pada yang bersalah dan memberikan penghargaan kepada semua yang layak atau patut mendapatkannya tanpa terpengaruh oleh apapun dan siapa pun disertai dengan alasan yang jelas, sebab tanpa sebuah alasan yang jelas, sebuah hukuman atau pun penghargaan tambah menimbulkan sebuah permasalahan. Ada 5 hal wajib yang harus di lakukan sebagai penguasa.

Source My Wayang Sang Penunggang Badai
Comments
Loading...