Nama Tokoh Wayang : Prabu Candrapadma, Raja

0 186

Prabu Candrapadma, adalah raja negeri Widarba, dalam lakon Basudewa Krama. Ia mengadakan sayembara perang tanding untuk mencari menantu bagi putrinya, yakni Dewi Mahendra atau Dewi Dewani. Yang menjadi jago dalam sayembara itu adalah putranya, Padmadwipa. Berkat bantuan Pandu Dewanata, Basudewa dapat mengalahkan Padmadwipa, Mahendra dipersunting Basudewa. Prabu Candrapadma raja Widarba yang sejak tadi menonton sayembara yang digelar putranya, kini naik ke atas gelanggang.

Ia mengumumkan bahwa Raden Ugrasena adalah pemenang sayembara yang berhak menjadi suami putrinya, yaitu Dewi Dewaki. Namun, Raden Ugrasena menjelaskan bahwa sejak awal dirinya mengikuti sayembara hanyalah untuk mewakili sang kakak, yaitu Raden Basudewa. Maka, sebaiknya Dewi Dewaki diserahkan kepada Raden Basudewa saja. Prabu Candrapadma lalu bertanya kepada Raden Candradwipa apakah ia rela jika Raden Basudewa yang memperistri Dewi Dewaki?

Raden Candradwipa mempersilakan. Ia berpendapat bahwa Raden Ugrasena yang bungsu saja sudah sedemikian hebat, tentunya Raden Basudewa yang sulung jauh lebih hebat lagi. Demikianlah, Prabu Candrapadma pun mengumumkan pernikahan antara Raden Basudewa dengan Dewi Dewaki di hadapan para hadirin. Namun demikian, Raden Basudewa mengaku tidak dapat tinggal lama di Widarba karena harus segera pulang ke Mandura. Maka, begitu pesta pernikahan selesai, Raden Basudewa segera meminta izin kepada sang mertua dan kakak ipar untuk memboyong istri barunya tersebut.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/06/basudewa-krama.html
Comments
Loading...