Nama Tokoh Wayang : Prabu Dasarata, Raja Ayodya

0 302

Prabu Dasarata adalah raja Ayodya. Ia mewarisi takhta kerajaan dari mertuanya, Prabu Banaputra yang tewas dibunuh Prabu Dasamuka dari Alengka. Perjumpaannya dengan Dewi Sukasalya atau Kosalya terjadi di hutan Dandaka, tatkala puteri Ayodya itu sedang melarikan diri dari kejaran Dasamuka. Kala itu, Dasarata masih menjadi seorang pertapa muda dan berkelana di hutan. Ia tidak sengaja bertemu dengan Dewi Sukasalya yang saat itu sedang melarikan diri dari kejaran Prabu Dasamuka.

Dasarata kemudian meciptakan Sukasalya palsu yang berasa dari tusuk konde sang Dewi. Prabu Dasamuka berhasil dikecohkannya dan Dewi Sukasalnya berhasil diselematkan. Dasarata kemudian menikah dengan Dewi Sukasalya. Namun hingga beberapa tahun pernikahan mereka, juga belum dikaruniai seorang bayi. Oleh karena itu, Dewi Sukasalya meminta agar Prabu Dasarata menikah lagi. Dasarata menuruti permintaan isterinya dengan menikahi Dewi Sumitrawati dan Dewi Kekayi.

Namun, meskipun sudah beristeri tiga, putera yang mereka dambakan juga tak kunjung hadir di tengah-tengah mereka. Karena itu, Prabu Dasarata meminta nasihat Begawan Wasista. Sang Begawan menganjurkan agar Prabu Dasarata mengadakan upacara sesaji Aswameda, yaitu sesaji yang korban kuda. Setelah Dasarata melaksanakan saran itu, ketiga isterinya mengandung. Dewi Sukasalya (Raghu) kemudian melahirkan Ramawijaya, Dewi Kekayi melahirkan Barata, Satrugna dan Dewi Kanwaka sedangkan Dewi Sumitrawati melahirkan Laksmana. Namun dalam versi lain diceritakan.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/prabu-dasarata
Comments
Loading...