Nama Tokoh Wayang : Prabu Santanu, Mahabharata

0 286

Santanu adalah salah satu tokoh wiracarita Mahabharata. Namun ia tidak terlibat dalam perang akbar di Kurukhsetra. Ia adalah putra raja Pratipa dari trah Candrawangsa, keturunan Maharaja Kuru, yang memiliki tegal bernama Kurukhsetra. Prabu Santanu adalah ayah kandung Bisma dan merupakan kakek dari Pandu dan Dretarastra dari anak tirinya, Byasa (Abiyasa), putera Satyawati. Itu berarti Ia adalah kakek buyut dari para Pandawa dan Korawa. Prabu Santanu memerintah di Hastinapura, yaitu ibukota sekaligus pusat pemerintahan para keturunan Kuru, di Kerajaan Kuru.

Prabu Santanu digambarkan sangat tampan, sangat cakap dalam memainkan senjata dan senang berburu ke hutan. Saat, ayahnya, raja Pratipa hendak turun takhta, kakaknya, Dewapi dan Bahlika menolak mewarisi takhta. Dewapi memutuskan untuk hidup sebagai pertapa, sementara Bahlika memutuskan untuk berkelana ke India Barat. Maka dari iru, Santanu lah yang harus menggantikan posisi ayahnya, sebagai raja Hastinapura. Suatu saat Prabu Santanu berburu ke tepi sungai Gangga, disana ia bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik.

Wanita itu adalah Dewi Gangga, ia sedang menjalani kutukan Dewa Brahma untuk turun ke bumi dan menjadi pasangan keturunan Raja Kuru. Prabu Santanu terpikat dengan kecantikan Dewi Gangga, ia jatuh cinta dan melamar Dewi Gangga untuk menjadi permaisurinya. Dewi Gangga bersedia menjadi permaisuri Prabu Santanu, dengan syarat

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/prabu-santanu
Comments
Loading...