Nama Tokoh Wayang : Raden Gatutkaca, Kuat Gagah

0 63

Karakter tokoh kuat atau gagah sepert Raden Gatutkaca biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi, kokohatau besardan bermata bulat. Karakter tokoh gagah memilki gerak ekspasif dan agresif. Anggota tubuhnya naik sampai sudut-sudut lurus pada tubuhnya, lengan-lengannya menjulur dan dilambungkan ke atas sampai ke level kepalanya atau bahkan diatasnya, matanya terbuka lebar. Pada karakter gagah biasanya menyesuaikan watak yang sesuai dengan peran dibawakannya.

Pemeran dan karakter tokoh kuat atau gagah sepert Raden Gatutkaca biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi, kokoh atau besardan bermata bulat. Karakter tokoh gagah memilki gerak ekspasif dan agresif. Anggota tubuhnya naik sampai sudut-sudut lurus pada tubuhnya, lengan-lengannya menjulur dan dilambungkan ke atas sampai ke level kepalanya atau bahkan diatasnya, matanya terbuka lebar. Pada karakter gagah biasanya menyesuaikan watak yang sesuai dengan peran dibawakannya.

Berpijak pada gerak-gerak dari tari Jawa gaya Surakarta, Komunitas ini membuat gerak yang dimodifikasi menjadi daya tarik tersendiri. Dengan demikian seoarang penari dituntut untuk mengolah tubuh semaksimal mungkin untuk berkreatifitas tetapi tidak menyalahi aturan dari gerak Wayang Orang. Gerak merupakan hal penting pada yang dapat digunkan untuk melihat adanya perkembangan pertunjukan Wayang Orang. Seperti halnya pada Wayang Orang THR, pertunjukan yang digelarkan menggunakan gerak gaya Surakarta, akan tetapi Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya kini.

Source journal2.um.ac.id journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/download/2185/1287
Comments
Loading...