Nama Tokoh Wayang : Rahwana (Prabu Dasamuka)

0 427

Rahwana atau Dasamuka. Prabu Dasamuka adalah raja Kerajaan Alengka. Ia putera sulung Begawan Wisrawa dengan Dewi Sukesi. Dasamuka naik takhta menggantikan kakeknya, Prabu Subali. Rahwana memiliki sifat yang dianggap sebagai lambang angkara murka, serakah dan tamak. Saat usianya sudah menginjak dewasa, atas izin ayahnya, Dewi Sukesi mengadakan sayembara untuk mendapatkan seorang suami. Syarat sayembara itu, siapa yang dapat menerangkan intisari ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu, berhak untuk menjadi suami Dewi Sukesi.

Salah seorang pelamar yang mengikuti sayembara itu adalah Begawan Wisrawa, yang bermaksud meminang Dewi Sukesi bagi putranya, Prabu Wisrawarna, raja negeri Lokapala. Namun pada saat Begawan Wisrawa mengajarkan ilmu itu, Batara Guru dan Dewi Uma turun tangan mencegahnya. Bagi para dewa, penyebaran ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu di kalangan manusia memang merupakan larangan. Untuk menggagalkan pengajaran ilmu itu, Batara Guru lalu menysup ke raga Begawan Wisrawa, sedangkan Dewi Uma merasuk ke tubuh Dewi Sukesi.

Begawan Wisrawa pun tergoda oleh kecantikan Dewi Sukesi. Nafsu birahi Begawan Wisrawa meluap-luap sehingga ia lupa akan tugas pokoknya untuk melamarkan puteri Alengka itu untuk puteranya. Terjadilah hubungan yang tidak diharapkan antara guru dan murid itu. Prabu Sumali terpaksa menikahkan keduanya untuk menutup rasa malu. Pada mulanya, niat Prabu Sumali itu ditentang oleh Jambumangli, saudara.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/rahwana-bag-i
Comments
Loading...