Nama Tokoh Wayang : Resi Bisma, Putra Santanu

0 209

Bisma adalah putra dari Prabu Santanu dan Dewi Gangga, ia merupakan penjelmaaan salah satu Delapan Wasu yang bernama Prabhata dan ia terlahir sebagai Dewabrata. Bisma adalah kakek dari para Pandawa dan Kurawa. Saat muda nama sebenarnya adalah Dewabrata namun setelah ia melakukan bhishan Pratigya, yaitu sumpah untuk membujang selamanya dan tidak akan mewarisi takhta ayahnya, namanya berganti menjadi Bisma (Sansekerta Bhishma; yang berarti “Dia yang sumpahnya dahsyat”).

Hal ini dilakukannya karena ia tidak mau ia dan keturunannya berselisih dengan keturunan ibu tirinya, Setyawati. Bisma sebenarnya memiliki tujuh kakak, tetapi semuanya meniggal karena ditenggelamkan ke sungai Gangga oleh ibu mereka sendiri yaitu Dewi Gangga. Bisma sendiri selamat karena ayahnya Prabu Santanu mencegah perbuatan Dewi Gangga. Bayi Bisma, kemudian dibawa sang ibu ke surga dan meninggalkan Prabu Santanu.

Setelah 36 tahun kemudian, Bisma ditemukan sang ayah, Prabu Santanu di hilir sungai Gangga. Dewi Gangga kemudian menyerahkannya kepada Sang Prabu dan diberi nama Dewabrata. Dewabrata tumbuh menjadi pangeran yang cerdas dan gagah, dan ia dicalonkan sebagai pewaris takhta kerajaan. Namun karena Dewabrata telah berjanji kepada Sang Dasapati, yaitu ayah dari ibu tirinya, Setyawati, ia rela melepas kursi pewaris takhta serta tidak menikah seumur hidup. Dan karena ketulusannya ia diberi nama Bisma dan mendapatkan anugerah.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/resi-bisma
Comments
Loading...