Nama Tokoh Wayang : Resi Cidakosika, Brahmana

0 229

Resi Cidakosika, seorang brahmana datang hendak membantu Prabu Wrehatrata mendapatkan seorang anak, Sang Raja menerimanya dengan suka cita. Brahmana itu bernama Resi Cidakosika. Sang Brahmana memberikan sebuah mangga agar dimakan kepada permaisuri sang raja, dan langsung kembali pulang. Sesudah Resi Cidakosika pulang, Prabu Wrehatrata bingung, karena lupa menyebutkan bahwa permaisurinya ada dua orang. Ia bingung, kepada siapa, mangga itu akan diberikan.

Karena menjunjung sifat adil, Prabu Wrehatrata lalu membelah mangga itu menjadi dua sama besar dan memberikan masing-masing pada kedua permaisurinya. Dan seperti kata Resi Cidakosika, tidak berapa lama kemudian, kedua permaisuri itu pun mengandung. Ketika tiba saat melahirkan, terjadilah peristiwa yang aneh. Bayi yang dilahirkan oleh kedua permaisuri itu hanya separo. Paro yang satu hanya berupa belahan tubuh bayi sebelah kiri, dilahirkan oleh permaisuri pertama sedangkan paro kedua yang kanan, dilahirkan permasuri kedua.

Melihat ujud bayinya tidak sempurna seperti itu, kedua permasirui langsung jatuh pingsan. Setelah mereka sadar kembali, para dayang istana cepat-cepat disuruh membuang kedua belahan bayi itu, sebelum ada orang lain yang tahu. Karena, bila peristiwa kelahiran bayi aneh itu diketahui orang, tentu akan membuat malu keluarga kerajaan. Demikian pendapat kedua permaisuri raja Magada itu. Sementara itu, kedua belahan bayi yang dibuang itu ditemukan oleh seorang gandarwa.

Source wayangindonesia.web.id wayangindonesia.web.id/cidakosika-resi.wayang
Comments
Loading...