Nama Tokoh Wayang : Rias Punakawan, No Singwit

0 124

Untuk rias Punakawan, kini tokoh Punakawan tidak lagi memakai singwit berwarna putih melainkan memakai body painting. Sekarang ini untuk menutupi warna kulit yang agak gelap pada tokoh putri yang memakai kemben digunakan lulur atau kreolan berwarna kulit untuk pengganti singwit warna kuning. Hal ini dikarenakan bahan singwit sudah jarang ditemukan. Bentuk tata rias wayang orang yang digunakan oleh Graha Seni Mustika Yuastina diambil dari rias wajah wayang kulit.

Hingga saat ini bentuk tata rias wayang orang Graha Seni Mustika Yuastina tidak mengalami perubahan. Aksesoris yang digunakan pada Graha Seni Mustika Yuastina semakin berkembang. Penggunaan borci atau semacam hiasan payet yang digunakan dalam busana semakin menambah kesan glamour. Penggunaan busana ini disesuaikan pada konsep cerita yang akan dipertunjukkan. Pemain wayang orang Graha Seni Mustika Yuastina banyak yang belum mempunyai bekal dalam hal tembang. Dalam hal ini tembang dinyanyikan oleh para sinden.

Sesuai dengan hasil penelitian, musik pada pertunjukan wayang orang Graha Seni Mustika Yuastina merupakan elemen yang saling melengkapi di dalam sebuah pertunjukan. Menurut Pak Kukuh dijelaskan bahwa dengan tidak adanya musik, maka sebuah pertunjukan wayang orang tidak akan berjalan. Tak hanya sebagai pengiring tarian, musik juga berperan penting di segala adegan-adegan pertunjukan wayang orang. Misalnya saat sang tokoh mengungkapkan kesedihannya.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...