Nama Tokoh Wayang : Sakuntala, Permaisuri Duswanta

0 197

Sakuntala adalah permaisuri Raja Duswanta yang merupakan leluhur para Pandawa dan Korawa. Ia adalah ibu dari Raja Bharata yang kemudian menurunkan keluarga Bharata. Sakuntala adalah anak angkat dari Begawan Kanwa. Diceritakan, ada seorang pertapa bernama Wiswamitra, ia dulunya adalah seorang raja namun kemudian meninggalkan kehidupan istananya demi mendapatkan kejayaan seperti Begawan Wasistha. Ia kemudian bertapa dengan sangat khusyu’ dan tak tergoyahkan.

Oleh karena itu, Dewa Indra ingin menguji kekhusyu’an Sang Wiswamitra dengan mengutus Bidadari Menaka supaya menggodanya. Dengan diiringi Dewa Bayu dan Semara, Bidadari Menaka turun ke tempat Wiswamitra bertapa. Sesampainya di tempat tujuan, Bidadari Menaka menjalankan tugasnya. Ia menggoda Wiswamitra sehingga nafsu birahinya mucul. Hingga pada akhirnya, Bidadari Menaka mengandung, hasil hubungannya dengan Wiswamitra.

Bidadari Menaka kemudian meninggalkan Wiswamitra kemudian melahirkan seorang bayi perempuan di tepi Sungai Malini. Karena merasa bahwa tugasnya sudah selesai, ia pun terbang kembali ke kahyangan dan meninggalkan bayinya. Sang Wiswamitra pun kemudian pergi meninggalkan tempat pertapaannya karena gagal. Bayi perempuan yang ditinggalkan itu, kemudian dirawat oleh seekor burung yang bernama Sakuni. Suatu saat Bagawan Kanwa sedang mencari kembang di sekitar sungai Malini. Ia terkejut begitu melihat ada seorang bayi yang dirawat oleh burung Sakuni. Oleh Begawan Kanwa, bayi perempuan itu kemudian dipungut, dan diberkahi.

Source Wayangku Hadi Sukirno
Comments
Loading...