Nama Tokoh Wayang : Sang Hyang Manik Maya, Telur

0 360

Sang Hyang Manik Maya berasal dari kuning telur. Disuatu hari Sanghyang Tunggal memanggil ketiga anaknya unuk menentukan siapa satu diantara mereka yang paling pantas menggantikan kedudukan Sanghyang Tunggal sebagai Raja Dewa. Sanghyang Antaga dan Sanghyang Ismaya, merasa paling tua dan merasa paling pantas menggantikan kedudukan ayahanda Sanghyang Tunggal sebagai Raja Dewa. Maka terjadilah perselisihan antara keduanya.

Sanghyang Tunggal memerintahkan keduanya yang sedang berselisih untuk keluar dari istana. Mereka masih berkelahi dengan hebatnya. Keduanya mengeluarkan segala ajian dan benda pusaka yang dimilikinya. Keduanya sama-sama sakti. Akhirnya Sanghyang Ismaya menantang Sanghyang Antaga untuk menelan sebuah bukit. Tantangan Sanghyang Ismaya dilayaninya, Sanghyang Antaga mencoba menelan bukit itu. Melihat Antaga berusaha menelan bukit, Sanghyang Ismaya menjadi cemas.

Ia segera merebut bukit yang hampir masuk keperut Sanghyang Antaga, dan ditelannya bukit itu bulat-bulat. Apa yang terjadi pada mereka. Ketampanan Sanghyang Antaga dan Sanghyang Ismaya berubah menjadi menjadi buruk rupa, seorang yang mulutnya lebar,perutnya agak buncit, sedangkan yang lain mulutnya menjadi lebar dan perutnya buncit besar sekali. Mereka itulah Sanghyang Antaga dan Sanghyang Ismaya yang sekarang. Keduanya menghadap ayahandanya dan mohon ampun atas kekhilafannya. Sanghyang Tunggal tak bias berbuat apa-apa, karena semuanya sudah kehendak dewa. Sanghyang Tunggal akhirnya memberi nama baru. Sang Hyang Antaga menjadi Togog

Source wayangmanikmaya.blogspot.com/
Comments
Loading...