Nama Tokoh Wayang : Sanghyang Tunggal Keling

0 50

Sanghyang Tunggal yang menjadi raja di Kayangan Keling sangat gemar membaca Serat Pustaka Darya, yang berisi sejarah perjalanan kakek buyutnya Sanghyang Nurcahya, yang menginspirasinya bertapa untuk meraih cita-citanya menguasai tiga lapisan dunia, Tribuana (Triloka). Oleh karenanya tahta Kayangan Keling ia serahkan kepada putra sulungnya, Sanghyang Rudra. Sementara Sanghyang Tunggal sendiri bersama istrinya, Dewi Darmani pindah menuju Kayangan Suralaya di puncak Gunung Tengguru.

Sewaktu ketika, Sanghyang Tunggal bertapa tidur di sebuah batu  datar. Begitu tersadar, ia sudah berada di sebuah istana megah di dasar samudra. Tanpa sadar sebenarnya ia telah diculik siluman kepiting bernama Sanghyang Rekatama (Sanghyang Yuyut), untuk dinikahkan dengan putrinya, Dewi Wirandi (Dewi Rekatawati), yang jatuh hati pada Sanghyang Tunggal setelah bertemu di alam mimpi beberapa kali.

Untuk memenuhi cita-cita Dewi Wirandi, Sanghyang Tunggal menerima lamaran Sanghyang Rekatama. Kemudian Dewi Wirandi dibawa Sanghyang Tunggal ke Jonggring Salaka, Kayangan Suralaya untuk mendapat restu sang ayah, Sanghyang Wenang.

Source Kompas kompasiana.com/jannuary/5a1239532599ec21121b0e82/cerita-wayang-series-wayang-saga-series-episode-11
Comments
Loading...