Nama Tokoh Wayang : Sanghyang Wenang, Bertapa

0 65

Sanghyang Wenang juga gemar bertapa seperti kakeknya dulu, Sanghyang Nurcahya. Segala tempat wingit ia datangi, berbagai jenis tapabrata ia jalani. Ia kemudian membangun istana melayang di puncak Gunung Tunggal. gunung tertinggi di Pulau Malwadewa. Setelah 300 tahun bertahta dan dipertuhankan bangsa jin di pulau itu, Prabu Hari seorang raja bangsa manusia dari Kerajaan Keling di Jambudwipa. Tak terima Sanghyang Wenang menuhankan dirinya, ia menyerang Kayangan dan menantang Sanghyang Wenang sendirian.

Adu kesaktian pun terjadi, dengan mudah Sanghyang Wenang mengalahkan Prabu Hari. Prabu Hari takluk, mengakui keunggulan Sanghyang Wenang, dan mempersembahkan putrinya Dewi Sahoti untuk diperistri Sanghyang Wenang. Darinya lahir seorang putra berbentuk Akyan yang diliputi tiga cahaya merah, kuning, dan hitam. Dan berkat Tirta Kamandalu, perlahan ketiga cahaya itu menyatu ke dalam sebuah tubuh rohani berselimut cahaya.

Lalu Sanghyang Wenang menamai putra pertamanya itu Sanghyang Tunggal. Beberapa waktu kemudian, Dewi Sahoti melahirkan lagi seorang putra bernama Sanghyang Senggana. Ditahun berikutnya lahirlah sepasang kambar dampit, berbentuk Akyan berliput cahaya. Mereka dinamai Sanghyang Nioya (Sanghyang Hening) dan Dewi Suyati. Si bungsu lahir tiga tahun kemudian bernama Sanghyang Heramaya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/jannuary/5a0199cba208c01ca23556f2/wayang-saga-series-episode-6
Comments
Loading...