Nama Tokoh Wayang : Satyaki, Tokoh Mahabharata

0 165

Satyaki adalah salah satu tokoh yang muncul dalam wiracarita Mahabharata. Ia berada di pihak Pandawa dalam perang Bharatayudha. Satyaki juga merupakan satu-satunya sekutu Pandawa selain Kresna yang masih hidup setelah Bharatayudha berakhir. Dalam versi Mahabharata Satyaki adalah putera Satyaka, putera Sini. Sini adalah pemuka bangsa Wresni yang melamar Dewaki untuk Basudewa yang tak lain adalah ayah dari Kresna. Setyaki memiliki sepuluh orang putera yang semuanya gugur di tangan Burisrawa saat perang Bharatayudha.

Sedangkan dalam versi pewayangan Jawa, Satyaki adalah putera Satyajit raja kerajaan Lesanpura dengan Warsini. Satyajit adalah adik termuda dari Basudewa dan Kunti. Dan ini berarti, Setyaki adalah sepupu dari Kresna dan para Pandawa. Dalam pewayangan Jawa dikisahkan saat Warsini mengandung, ia mengidam ingin bertamasya dengan menunggang macan putih. Untuk menuruti keinginan istrinya, Satyajit mendatangkan keponakannya, yaitu Kresna, Baladewa dan para Pandawa untuk membantu.

Dari semua keponakannya yang dipanggil, yang berhasil menangkap macan putih adalah Kresna. Namun, ternyata macan putih itu adalah penjelmaan dari Singamulangjaya, patih kerajaan Swalabumi. Ia diutus Prabu Satyasa untuk menculik Warsini, macan putih jelmaan Singamulangjya itu pun segera membawa Warsini lari setelah istri Satyaki tersebut naik ke punggungnya. Sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas kejadian itu, Kresna langsung mengejar Singamulangjaya. Singamulangjaya mencoba untuk mengeluarkan bayi.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/satyaki
Comments
Loading...