Nama Tokoh Wayang : Satyawati (Durgandini, Gandhawati)

0 201

Satyawati atau biasa juga disebut Durgandini atau Gandhawati adalah salah satu tokoh yang muncul dalam wiracarita Mahabharata. Ia adalah istri Prabu Santanu, kakek buyut Pandawa dan Korawa. Ia memiliki dua orang putera yaitu Citranggada dan Wicitrawirya. Dikisahkan, seorang raja bernama Basuparisara yang bertakhta di Kerajaan Chedi memiliki permaisuri bernama Girika. Pada Suatu hari, raja tersebut pergi berburu, di tengah hutan ia melihat bunga bermekaran, kemudian ia teringat akan kecantikan wajah istrinya.

Tanpa sadar air kama-nya menetes, kemudian sang Raja menampungya pada sehelai daun. Basuparisara kemudian memanggil seekor elang bernama Cyena, diperintahkannya burung tersebut untuk mengantarkan air kama tersebut kepada permaisurinya. Namun di tengah jalan, air kama yang ditampung dalam daun jatuh di sungai Yamuna. Di Sungai tersebut, hidup seekor ikan besar yang merupakan penjelmaan bidadari yang sedang mengalami kutukan. Air kama yang jatuh tersebut di telan oleh ikan jelmaan tersebut hingga ikan tersebut hamil.

Di tepi sungai Yamuna, hidup keluarga nelayan yang dikepalai oleh seorang yang bernama Dasabala. Suatu hari sesuai dengan pekerjaannya, Dasabala pergi untuk menangkap ikan. Ia pun berhasil menangkap ikan besar yang telah menelan air kama raja Basuparisara. Ikan terbut pun tidak dimakan, hingga akhirnya dari perut ikan keluarlah dua bayi, yaitu laki-laki dan perempuan. Ikan berubah.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/satyawati-durgandini
Comments
Loading...