Nama Tokoh Wayang : Sawitri, Teladan Istri yang Setia

0 524

Sawitri, Teladan Istri yang Setia

Sawitri sudah masak secara mental untuk menikah. Akhirnya pernikahan Satiawan-Sawitri berlangsung juga. Masa pernikahan yang dipastikan hanya setahun ini, dijalani Sawitri-Setiawan. Dan hari akhir buat Setiawan itupun datanglah. “Sudahlah Sawitri! Aku kagum akan kesetiaanmu terhadap suamimu. Terimalah, kukembalikan nyawa Setiawan kepadamu.” Fragmen Sawitri-Setiawan ini terukir jadi relief Penataran. Candi Hindu 1194M, yang mengukir reliefnya mirip figur wayang

Dewi Sawitri memang menjadi teladan bagi seorang istri yang setia. Karena kesetiaan dan cintanya, dia bahkan mampu membalikkan takdir dan mengembalikan nyawa suaminya. Pesan ini tersurat amat kuat di ceritanya kan?

Biarpun kita semua percaya takdir, tapi takdir buruk itu bisa dirubah dengan niat, kemauan keras dan usaha yang sungguh-sungguh. Takdir hanyalah hasil akhir,  sebelum itu adalah “kerja” keras yang ngeyel dan tanpa henti.

Di cerita aslinya Dewi Sawitri dilukiskan sebagai putri yang halus dalam perangai dan lemah lembut bertutur kata, sesuai personifikasi dan prototipe perempuan ideal dalam cerita wayang. Penulis meng-intrepretasi-kannya secara khusus. Gak biasanya seorang ayah menyerahkan pilihan jodoh (ketika itu) itu kepada putrinya begitu saja, kalau gak ada sebabnya. Gak mungkin juga seorang Yamadipati, bisa ampun-ampunan seperti itu, kalau gak bertemu dengan yang istimewa. Sawitri memang ngeyel. Cerita ini adalah melodrama yang menguras emosi, yang penuh kontemplasi.

Source My Wayang Kompasiana
Comments
Loading...