Nama Tokoh Wayang : Semar (Kyai Lurah Badrayana)

0 496

Semar atau Kyai Lurah Badrayana merupakan tokoh Punokawan yang paling utama. Badrayana artinya Mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Allah demi kesejahteraan manusia. Dalam kisah pewayangan Jawa, Semar adalah pengasuh sekaligus penasihat para ksatria utama. Dalam cerita Mahabharata dan Ramayana, tokoh Semar sebenarnya tidak pernah ada. Semar muncul karena ciptaan asli parapu jangga Jawa. Asal-usul Semar pun berbeda-beda.

Dalam naskah serat Kanda, Semar adalah putera penguasa kahyangan, yaitu Sanghyang Nurarasa yang bernama Sanghyang Tunggal. Sanghyang Tunggal memiliki saudara bernama Sanghyang Wenang, yang kemudian mewarisi takhta Sanghyang Nurarasa. Sanghyang Wenang memiliki putera yang dikenal sebagai Bathara Guru. Semar menjadi pengasuh para ksatria keturunan Bathara Guru. Dalam naskah Paramayoga, Sanghyang Tunggal adalah putera Sanghyang Wenang, yang kemudian menikah dengan Dewi Rakti, puteri raja jin kepiting, Sanghyang Yuyut. Dewi Rakti melahirkan sebutir telur mustika yang kemudian berubah menjadi dua orang pria.

Keduanya diberi nama Ismaya untuk yang berkulit hitam dan Manikmaya untuk yang berkulit putih. Manikmaya kemudian mewarsisi takhta kahyangan dengan bergelar Bathara Guru. Sedangkan Ismaya  diberi kedudukan sebagai penguasa alam Sunyaruri (tempat tinggal golongan makhluk halus).Ismaya memiliki putera bernama Bathara Wungkuhan. Bathara Wungkuhan memiliki anak yang berbadan bulat bernama Janggan Smarasanta atau Semar. Semar kemudian menjadi pengasuh keturunan Bathara Guru dalam naskah.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/semar
Comments
Loading...