Nama Tokoh Wayang : Semar Tokoh Wayang Ter Ok

0 71

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan seni tradisi dan kebudayaan yang adi luhung. Salah satunya adalah wayang. Umar Kayam dalam bukunya Seni Tradisi Masyarakat mengatakan bahwa wayang adalah hasil seni masa lampau yang terpatri sangat dalam pada masyarakat Jawa. Dilihat dari fungsi sosialnya wayang berfungsi sebagai alat pemersatu di masa lampau. Wayang merupakan ciptaan kolektif (yang bersumber pada Mahabarata dan Ramayana) dan merupakan suatu pegangan hidup orang Jawa.

Wayang merupakan warisan budaya leluhur yang telah mampu bertahan selama berabad-abad dengan mengalami perkembangan dan perubahan hingga mencapai bentuknya sekarang. Dalam pertunjukan wayang dapat ditangkap adanya berbagai macam pengetahuan, filsafat hidup yang berupa nilai-nilai budaya dan berbagai unsur seni yang terpadu dalam seni pedalangan. Dunia wayang merupakan khasanah budaya dan sumber yang tak ada habis-habisnya bagi yang mau menggalinya.

Dunia pewayangan juga menarik perhatian para cendikiawan untuk meneliti sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Salah satu tokoh dalam wayang adalah Semar. Semar adalah tokoh yang sangat misterius, sesuai dengan namanya Semar berarti samar-samar Semar adalah sesepuh para panakawan. Panakawan terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Penampilan tokoh wayang panakawan merupakan hasil pengolahan dari seniman Jawa. Mpu Panuluh pujangga kerajaan Kediri abad XII (tahun 1188) adalah yang pertama menampilkan tokoh panakawan dalam sastra gubahannya.

Source Kompas kompasiana.com/retnowinarni/5500c01fa333111870511d31/semar-tokoh-wayang-paling-indonesia
Comments
Loading...