Nama Tokoh Wayang : Sumilih, Dasanama Gatutkaca

0 546
Sumilih, Dasanama Gatutkaca

Prabu Sumilih adalah dasanama (alias) dari Raden Gatutkaca. Nama itu diperoleh dari para dewa ketika Gatutkaca berhasil menenteramkan Kayangan Jonggingsaloka dari Amukan Putut Supalawa dan Putut Pidaksaka. Ki H Anom Soeroto mengawali kisah ini dari Pendapa Agung Keraton Hastina. Seperti kebanyakan lakon caranganadegan “kedhaton” diwarnai dengan kegundahan hati Prabu Duryudana demi mendengar kabar bahwa Prabu Puntadewa telah mengangkat Raden Gatutkaca menjadi Senapati Amarta.

Ini berarti ancaman bagi Hastina.  Bukan saja lantaran kesaktian ksatria Pringgondani yang membuat Duryudana patah arang, tetapi dengan pengangkatan senapati memberi isyarat kesiapan Pendhawa menyongsong Perang Baratayudha. Keputus asaan Duryudana terobati ketika tanpa disangka hadir Prabu Nagabagindha, Raja Puserbumi. Dengan sukarela dia memasang badan membala Duryudana.  Kegembiraan Duryudana bukan tanpa alasan karena dibelakang Prabu Nagabagindha ternyata ada Begawan Dewapratala, seorang resi yang sakti mandraguna yang setiap saat mendampingi Nagabagindha.

Segera setelah mendapatkan persetujuan Duryudana, Prabu Nagabagindha menyerang Amarta. Terbukti memang, Nagabagindha dan Begawan Dewapratala dengan sangat mudah menaklukkan Amarta. Disaat genting semacam ini, jutru sang senapati, Raden Gatutkaca tidak beradadi tempat. Sejak pengangkatannya menjadi senapati, putera Dewi Arimbi ini tiba-tiba lenyap bagai ditelan bumi. Beruntung dalam peyerbuan Prabu Nagabagindha, Abimanyu berhasil meloloskan diri. Dihatinya punya satu keyakinan bahwa hanya Raden Gatutkaca yang mampu menandingi kesaktian Nagabagindha.

Source My Wayang Jaman Semana
Comments
Loading...