Nama Tokoh Wayang : Tokoh Wayang dengan Kelainan

0 96

Para pencinta wayang purwa (yang bersumber dari cerita Mahabarata dan Ramayana) biasanya bisa dengan mudah mengetahui perbedaan tokoh-tokoh wayang antara satu dan lainnya. Perbedaan itu bisa dilihat dari ukuran atau besar kecilnya fisik wayang, jenis kelamin, bentuk anggota tubuh (rambut, mata, hidung, mulut, tangan, kaki, dll), pakaian dan aksesoris yang dikenakannya. Ada yang sepintas mirip namun berbeda, misalnya antara Prabu Kresna dan Batara Wisnu. Perbedaannya yang menonjol terletak pada aksesorisnya, Kresna memakai

mekutha

sedangkan Batara Wisnu memakai ‘kethu oncit‘ dan ‘sampir‘ pada bahunya. Dua tokoh wayang yang benar-benar sulit dibedakan adalah antara Nakula dan Sadewa. Saya kesulitan mengenali tokoh kembar itu karena semua ‘faktor pembeda’ di atas benar-benar sama. Meski demikian kedua tokoh itu mudah dibedakan dengan tokoh-tokoh wayang lainnya. Menurut Sagio, pengrajin wayang kulit di Yogyakarta, ukuran fisik wayang bisa dibedakan menjadi delapan kelompok (beserta salah satu contohnya saja), yaitu: buto/raksasa (Kumbakarna), gagahan (Dasamuka), katongan (Gathutkaca), bambangan (Arjuna), bambang jangkah (Wisanggeni), putren (Srikandi), dhagelan (Semar) dan setanan.

Berdasarkan perbedaan bentuk anggota tubuh, wayang mempunyai jenis mata yang disebut: kiyipan, kiyeran, peten, gabahan, kedhelen, plelengan, thelengan, rembesan, dll. Jenis hidung ada yang disebut: ambangir, sembada, dhempok, mungkal gerang, medang, nyanthik palwa, bunder dan nemlik.

Source Kompas kompasiana.com/ws-thok/5500a620a33311237051193d/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-2
Comments
Loading...