Nama Tokoh Wayang : Tokoh Wayang, Musuh Islam

0 97

Sekularisme yang pada dasarnya memisahkan kehidupan keagamaan dalam politik jelas tidak dapat diterima oleh faham Islam yang fundamentalis yang berpegang bahwa ajaran agama adalah untuk mengatur kehidupan manusia. Sehingga, faham sekularisme sering disebut sebagai faham barat, tak jarang pemikiran Islam moderat yang dapat menerima sekularisme sering dituding sebagai antek barat. Padahal, dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, pemisahan hubungan antara umat dan sang penciptanya sudah diatur dalam undang-undang negara dimana negara menjamin kehidupan beragama.

Demikian juga, budaya yang berkembang walaupun kadang tidak sesuai dengan ajaran Islam sudah diterima sebagai kelaziman. Seperti seni pewayangan yang sesungguhnya mengadopsi dari ajaran hindu, dalam konteks budaya bangsa Indonesia, wayang juga dipakai sebagai sarana dakwah Islam. Seperti yang terjadi di Purwakarta, kelompok masa dengan atribut islam merusak Patung Kresna yang berada di persimpangan Jalan R.E. Martadinata dan Jalan Basuki Rahmat.

Pembuat patung Kresna, Deden Gustari yang merupakan alumnus ITB jurusan Design sangat menyesalkan penghancuran patung Kresna tersebut,  menurutnya, oknum yang merusak itu karena mereka tidak tahu saja dan mungkin menganggap patung Kresna itu sebagai berhala. Padahal sesungguhnya Kresna itu sebagai sebuah warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh Unesco. Beberapa waktu yang lalu bangsa ini merasa tersinggung oleh sikap bangsa Malaysia yang mengklaim wayang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/donikatok/550af0bea333119e712e3ba5/tokoh-wayang-musuh-islam
Comments
Loading...