Nama Tokoh Wayang : Wayang Raden Nakula (Pinten)

0 58

Namanya Raden Nakula atau Raden Pinten, ialah putra dari Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madrim (adik Prabu Salya). Namun karena sejak lahir sudah ditinggal mati oleh ayah ibunya maka sejak kecil dia sudah diasuh oleh ibu tirinya yaitu Dewi Kunti. Jadi Raden Nakula adalah saudara seayah tapi lain ibu dengan Puntodewa, Wrekudara maupun Arjuna. Meskipun demikian hubungannya dengan kakak-kakaknya sangatlah dekat bagaikan saudara kandung.

Hal itu berkat keluhuran hati Dewi Kunti dalam mengasuh putra-putranya. Dia tak pernah membedakan antara anak sendiri dan anak tiri. Raden Nakula memiliki saudara kembar yaitu Raden Sahadewa, konon keduanya merupakan titisan dari Batara Aswan dan Batara Aswin. Istri Raden Nakula bernama Dewi Retna Suyati yaitu putri dari kerajaan Awu-Awu Langit. Dari pernikahan ini mereka memiliki putra Bambang Pramusinta dan Dewi Pramuwati. Istrinya yang lain bernama Dewi Srengganawati, putri dari pertapaan Gisik Samudra.

Dengan istri ini lahirlah Putri Sekartanjung. Raden Nakula memiliki watak jujur, setia, taat kepada orang tua dan tahu membalas budi. Raden Nakula jarang sekali berperang, meskipun begitu pria ini memiliki Aji Pranawajati yang dijamin tak dapat lupa akan hal apapun. Raden Nakula juga memiliki cupu yang berisi Tirta Manik yang merupakan air kehidupan dari mertuannya.

Source Kompas kompasiana.com/rusrusman522/5c66eaebaeebe127f360b216/wayang-raden-nakula
Comments
Loading...