Nama Tokoh Wayang : Wisanggeni (Bambang Wisanggeni)

0 906

Bambang Wisanggeni atau Wisanggeni, dalam pewayangan Jawa merupakan putera Arjuna dengan Batari Dresanala, putri Bathara Brama. Dalam wiracarita Mahabharata, ia sebenarnya tidak ada dan tidak pernah muncul. Wisanggeni digambarkan sebagai sosok yang pemberani, tegas dalam bersikap, dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Bahkan kesaktiannya melebihi kesaktian anak para Pandawa yang lain seperti Antareja, Gatotkaca maupun Abimanyu..

Dalam berbicara Wisanggeni tidak pernah menggunakan basa krama kepada siapapun kecuali dengan Sanghyang Wenang. Dikisahkan bahwa kelahiran Wisanggeni diawali dengan kecemburuan Dewasrani, putera Batari Durga terhadap Arjuna yang menikahi Batari Dresanala. Dia meminta kepada ibunya supaya memisahkan pernikahan mereka. Batari Durga mengabulkan keinginan anaknya tersebut dan menghadap suaminya Batara Guru, yaitu raja para Dewa untuk memisahkan antara Arjuna dan Batari Dresanala.

Atas desakan istrinya, akhirnya Batara Durga pun memerintahkan Batara Brama menceraikan Arjuna dan Dresanala. Namun, keputusan itu ditentang Batara Narada, penasihat Batara Guru. Narada lebih memilih membela Arjuna dan mengundurkan diri sebagai penasihat Batara Guru. Brama yang telah kembali dari kahyangan pun menuruti apa yang menjadi perintah rajanya. Ia menyuruh Arjuna untuk pulang ke dunia dengan alasan Dresanala akan dijadikan penari di kahyangan utama. Arjuna tanpa sedikitpun curiga, menuruti apa yang menjadi perintah mertuanya, padahal saat itu, Dresanala sedang dalam keadaan mengandung bayi.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/wisanggeni
Comments
Loading...