Nama Tokoh Wayang : Wisanggeni (Gugat Dewata)

0 188

…kucoba memahami tempatku berlabuh
terdampar di keruhnya satu sisi dunia
hadir dimuka bumi, tak tersaji indah
kuingin rasakan cinta…

Wisanggeni bertanya kepada Batara Guru, perihal kenapa Ia dikucilkan dari kehidupan. “Wahai, Sanghyang Penguasa Jagat. Mengapa ananda harus disingkirkan dari muka bumi ini, padahal ananda sama sekali tidak bersalah. Dan juga bukan maksud ananda sendiri untuk minta dilahirkan ke dunia yang fana ini…!” “Bukan maksudku, begitu wahai Wisanggeni, anakku. Tapi itu semua sudah menjadi ketetapan dari suratan Dewata yang sudah menggaris bawahi lakon manusia”

“Garis Dewata apanya, Wahai Batara…?” Jawab Wisanggeni tidak sabaran. “Sebenarnya, kematian dan kelahiran manusia didunia sudah ditakdirkan, dan tidak akan bisa dirubah oleh siapapun, termasuk Dewata sendiri” Batara Guru melanjutkan. “Lalu, mengapa aku sampai harus dibunuh, dan juga terusir secara nyata dari kehidupan ini! Semenjak aku lahir hingga sekarang, aku selalu sendirian. Tidak ada yang menemani, kecuali Batara Antaboga dan Batara Baruna, bahkan Ibuku sendiri tidak dapat aku menemuinya.

Apalagi terhadap ayahku yang melahirkan ini. Mereka semua entah tidak ada yang mengasihiniku. Dan aku merasa dikucilkan!” sahut Wisanggeni dengan kemarahan yang mulai tampak. Sabar anakku, duhai Putra Arjuna, sang Penengah pandawa. Didunia ini ada hukum sebab-akibat, antara hak dan kewajiban, & hitam lawan putih.

Source Kompas kompasiana.com/roelly87/55009c20a33311a96f5119e3/seri-wayang-ii-wisanggeni-menggugat-dewata
Comments
Loading...