Nama Tokoh Wayang : Yudistira (Puntadewa), Pandawa

0 257

Sepulangnya dari menghadiri acara Rajasuya di istana Indraprastha, Doryudana menjadi murung dan memikirkan bagaimana cara untuk mengambil kerajaan itu dari Yudhistira dan Pandawa. Sangkuni yang melihat kemurungan keponakannya, menanyakan apa yang sedang dipikirkan keponakannya tersebut. Doryudana kemudian menceritakan kejadian yang dialaminya saat menghadiri upacara Rajasuya di Indraprastha. Muncullah ide Sangkuni bagaimana cara untuk mengambil Indrapastha dari tangan para Pandawa.

Sangkuni meminta agar Duryudana mengundang Yudhistira untuk bermain dadu sesuai dengan kegemaran Yudhistira. Undangan Duryudana diterima Yudhistira dengan baik, dan permainan dadu diadakan di istana Hastinapura. Pada awalnya hanya bertaruh kecil-kecilan, dan Yudhistira menang, namun semakin lama berkat kelicikan dan kecerdikan Sangkuni , permainan selalu dimenangkan pihak Korawa. Taruhan pun juga semakin besar, dan dengan kelicikan Sangkuni pula, Yudhistira mau mempertaruhkan semua hartanya, indraprastha bahkan saudara dan istrinya.

Akhirnya Indraprastha jatuh ke tangan Korawa. Namun permainan tidak berhenti di situ saja, setelah harta dan kerajaan jatuh ke tangan lawan, Yudhistira  mempertaruhkan keempat adiknya secara berurutan. Semuanya jatuh ke tangan, namun Duryudana tetap memaksa Yudhistira untuk melanjutkan permainan dan mempertaruhkan Dropadi. Dropadi pun bernasib sama, ia dipermalukan di depan umum. Saat itu Gandari mendengar ratapan Dropadi yang dipermalukan di depan umum. Ia kemudian memerintahkan puteranya gar menghentikan permainan dan mengembalikan semuanya kepada Pandawa.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/yudistira-puntadewa-iii
Comments
Loading...