Ngesti Pandowo : 80 Tahun Wayang Ngesti Pandowo

0 176

Tidak banyak kelompok seni pertunjukan tradisional yang mampu bertahan di tengah gempuran arus perubahan yang sangat cepat. Di sepanjang perjalanan sejarahnya itu, Ngesti Pandowo telah mengalami pasang-surut dan manis-getir dunia seni pertunjukan tradisi khususnya wayang orang. Dekade 1960-an hingga awal 1980-an dapat disebut sebagai era keemasan Ngesti Pandowo. Pertunjukannya yang boleh dikatakan glamor, inovatif, dan spektakuler selalu ditunggu para penggemar yang rela antri berdesakan untuk mendapatkan tiket.

Namun sejak pertengahan 1980-an sinar kejayaan itu mulai meredup. Pementasannya semakin kehilangan daya pikat, regenerasi pemain tidak berjalan baik, dan manajemen seni pertunjukan tidak sesuai lagi dengan perkembangan jaman, Pamor Ngesti Pandowo pun semakin memudar. Sekaligus dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun ini, menyongsong usianya ke- 80 tahun, Ngesti Pandowo perlu berjuang untuk perbaikan ke dalam secara menyeluruh baik manajemen, sarana-prasarana, personil dan sebagainya, disertai harapan memperoleh dukungan banyak pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, untuk membangkitkan kembali kejayaan seni pertunjukan tradisi wayang orang ini.

Saat yang baik pula bagi warga paguyuban, seniman seni tradisi, pemerintah dan pemerhati serta masyarakat pecinta seni tradisi untuk melakukan refleksi atas masalah yang sedang dihadapi, kontibusi yang telah diberikan dan usaha mempertahankan eksistensi paguyuban ini agar dapat senantiasa mencukupi dan mengikuti dinamika perkembangannya yang harus bertahan terhadap arus.

Source ngestipandawa.com ngestipandawa.com/2017/06/80th-wayang-orang-ngesti-pandowo-berkarya-untuk-negeri
Comments
Loading...