Nyorek Wayang : Ngripto (Mencipta), Membuat Sketsa

0 248

Pembualan sketsa tokoh wayang tertentu tanpa menggunakan model atau babon. Teknik yang digunakan ini dimungkinkan dalam pembuatan tokoh wayang standard artinya seukuran dengan wayang yang dibuat secara umum dalam masyarakat perajin wayang kulit, namun dapat pula digunakan untuk membuat wayang yang berukuran istimewa, misalnya wayang dengan ukuran tinggi tiga meter atau lebih, tetapi dapat pula untuk membuat tokoh wayang yang berukuran mini, misalnya wayang kulit dengan tinggi 10 cm.

Kegiatan nyorek dengan teknik ngripta ini dilakukan jika tokoh wayang yang akan dibuat belum ada babonnya sehingga harus membuat dengan memperhatikan cerita, dan spesifikasi karakter tokohnya. Untuk tokoh wayang umum, pembuatan tokoh baru ini dapat mengadopsi dari tokoh yang sudah ada, terutama dalam masalah dedeg atau cakrik dari tokoh wayang itu, kemudian dibuat atributnya seperti busana, perhiasan, dan sebagainya sesuai dengan karakter tokoh yang akan dibuat.

Bila membuat wayang yang tergolong istimewa, dapat dilakukan kegiatan sebagai berikut :

Pertama-tama dibuat bentuk dasar yaitu bentuk yang menggambarkan posisi tubuh, kepala, kaki dan tangan dengan menggunakan satu garis, sehingga ditemukan kerangka dasar wayang terutama yang berkaitan dengan dedeg, karena masalah ini sangat penting di pahami. Dedeg yang tidak tepat akan mengasilkan bentuk wayang yang tidak baik, umumnya dalam mempresentasikan gambar dedeg ini kadang harus diperagakan.

Source ceritawayangkulit.wordpress.com ceritawayangkulit.wordpress.com/2014/04/11/wayang-gaya-yogya-8
Comments
Loading...