Pagelaran Wayang : Estetis Pergelaran Wayang Wong

0 256

Salah satu materi pergelaran tersebut adalah pergelaran Wayang Wong yang dipentaskan pada hari Selasa 8 November 2011 oleh para siswa, seniman tari, serta para alumni SMK I Kasihan Bantul Yogyakarta, dengan mengambil cerita “Sesaji Rajasurya”. Tulisan ini dibuat sebagai hasil respon penulis selaku penonton terhadap bentuk garapan yang telah disajikan dalam pergelaran tersebut. Sebagaimana diketahui, Wayang Wong sebagai salah satu jenis seni pertunjukan, mempunyai ciri-ciri atau identitas masing-masing yang menyertainya.

Wayang Wong Gaya Surakarta, Wayang Wong Gaya Yogyakarta, Wayang Wong Gaya Bali dan sebagainya mempunyai muatan keindahan atau estetika yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dari bentuk penyajian dengan ciri-ciri tersebut, baik secara audio maupun visual, penonton akan mengetahui genre Wayang Wong yang disaksikannya. Ciri-ciri tersebut dapat diamati, misalnya, dari tata busananya, gerak tarinya, dialognya, iringannya, dan sebagainya yang masing-masing genre telah mempunyai identitas sendiri-sendiri.

Akan tetapi, kesemuanya itu akan menjadi kabur, bahkan tidak jelas batas-batas genrenya ketika pergelaran Wayang Wong itu dilakukan oleh para siswa, seniman, dan alumni SMK I Kasihan Bantul Yogyakarta pada tanggal 8 November 2011 dalam rangka 50 tahun SMK I (SMKI “Konri”) Kasihan Bantul Yogyakarta. Judul dalam tulisan ini adalah “Transaksi Estetis dalam Pergelaran Wayang Wong.”Transaksi dalam pengertian umum dapat dimaknai sebagai persetujuan jual beli antara dua pihak berdasar pada pengertian.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=1407
Comments
Loading...