Pagelaran Wayang : FKY Menampilkan Ki Manteb

0 135

Pada prinsipnya panitia FKY menampilkan Ki Manteb ini agar para penonton bisa mendapatkan tontonan yang menarik dan seger. Perkenalannya dengan Ki Manteb lebih sering bertemu di arena organisasi pedalangan seperti PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) dan SENAWANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), baik dalam acara pertemuan organisasi maupun dalam acara yang sifatnya kekeluargaan seperti arisan dan lain sebagainya.

Karena seringnya bergaul dengan Ki Manteb, maka Kasidi mempunyai kesan bahwa Ki Manteb adalah seorang dalang yang profesional, sangat luar biasa, bertanggung jawab dalam berkeseniannya. Dalam pergaulan beliau sangat sederhana, tidak membeda-bedakan, dengan siapapun ditanggapi dengan baik. Keakrabannya sangat luar biasa, tidak membedakan siapa aku siapa engkau. Bila ada orang yang bertanya tentang wayang, beliau akan selalu memberikan jawaban-jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Misalnya ada yang bertanya tentang karakter-karakter wayang, maka beliau akan memberikan jawaban-jawaban itu dengan baik dan bertanggungjawab. Kelebihan Manteb dibandingkan dengan dalang-dalang lainnya yaitu bahwa beliau bisa membuat wayang. Kemahirannya membuat wayang ini sudah ditekuninya sejak ia masih anak-anak. Oleh karenanya dalam mendalang, beliau tahu kebutuhan-kebutuhan dirinya terhadap wayang yang akan dimainkan. Misalnya dengan melihat ukuran besar kecilnya wayang, berapa beratnya, bentuk anatomi, dan lain lain. Dengan demikian saat wayang di tangan beliau dijungkirbalikkan atau salto, maka wayang enak.

Source ia600206.us.archive.org ia600206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...