Pagelaran Wayang : Gedung Pertunjukan Wayang

0 33

Gedung pertunjukan yang digunakan sebagai tempat pentas serta perkumpulan Wayang Orang yang dinamakan wayang orang di daerah Kapasari, selain itu terdapat beberapa organisasi wayang orang yang bernama Rukun Setyo Utomo, Perbusa (perkumpulan wayang orang yang seluruh anggotanya adalah orang Cina). Setelah berdirinya perkumpulan Wayang Orang Sriwandowo, terbentuklah perkumpulan induk wayang orang yang berada di Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya.

THR merupakan tempat pagelaran kesenian untuk menampilkan pertunjukan-pertunjukan kesenian budaya tradisional. Taman Hiburan Rakyat Surabaya atau yang dikenal dengan THR terletak di Jl. Kusuma Bangsa 110 Surabaya. Di THR inilah wayang orang sering dipertunjukkan. Saat wayang orang di Surabaya mengalami puncak kejayaannya pada tahun 1955 kehidupan perekonomian setiap pemainnya sangatlah tercukupi. Para pengrawit rata-rata menerima gaji satu malamnya antara lima rupiah sampai sepuluh rupiah serta untuk penari minimal mendapatkan lima belas rupiah yang sudah dapat untuk membeli beras tiga hingga lima kilogram seharga tiga rupiah (Wawancara).

Jadi dengan penghasilan 150 rupiah hingga 450 rupiah setiap satu bulannya para pemain wayang orang kehidupannya sangatlah tercukupi. Hampir setiap hari wayang orang dipentaskan untuk memenuhi kebutuhan hiburan penontonnya. Penonton berbondong-bondong meramaikan THR hanya untuk menikmati pertunjukan wayang orang meskipun harus membeli tiket terlebih dahulu. Sistem kelas diterapkan dalam penjualan tiket wayang orang, semakin ke depan semakin mahal tiketnya.

Source journal2.um.ac.id journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/download/2185/1287
Comments
Loading...