Pagelaran Wayang : Gelar Pertunjukan Wayang Pancasila

0 144

Gelar pertunjukan Wayang Pancasila di Embung Langensari, Minggu (27/08). Pergelaran yang dimulai pukul 19.30 WIB ini menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-72 RI.

Acara ini kami angkat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila lewat kebudayaan

ujar Adit Noor, panitia pelaksana Wayang Pancasila. Menurut Adit Noor, tingkat urgensi mengangkat tema Pancasila tinggi seiring dengan munculnya pro kontra di masyarakat tentang ideologi bangsa.

Kami ingin mengajak masyarakat untuk kembali ke Pancasila sebagai ideologi bangsa

ucapnya. Dalang Wayang Pancasila, Ki Fajar Sudjarwo, menuturkan tema besar yang diangkat dalam pertunjukannya adalah Pancasila Sebagai Inspirasi Prestasi Bangsa dengan alur cerita yang mengerucut ke pengelolaan embung sebagai langkah kedaulatan nasional. Di contohkan, pola serap air tanah yang mempengaruhi kehidupan masyarakat di darat bergantung pada embung ada di situ. Namun, perhatian terhadap keberadaan embung masih minim, sehingga perlu penyadaran.

Dalam pertunjukannya, ia memanfaatkan wayang dari kardus yang dibentuk menjadi berbagai tokoh manusia. Ada 20 tokoh yang mewakili profesi di masyarakat, antara lain guru, tentara, polisi, kepala desa, dan sebagainya. Ki Fajar juga mengajak audiens dan pejabat lokal untuk ikut berpartisipasi secara langsung dalam cerita wayang tersebut. 

Source indonesiabangkit.net indonesiabangkit.net/rayakan-hut-ri-ke-72-grj-gelar-wayang-pancasila
Comments
Loading...