Pagelaran Wayang : Halal Bihalal Pagelaran Wayang

0 59

Ada yang unik dari perayaan halal bi halal 1433 H, di desa Kepuhsari, Kecamatan Wonogiri, sebuah desa penghasil kerajinan wayang kulit sekaligus gudangnya para dalang yang terletak di selatan pulau Jawam Jawa Tengah. Acara halal bi halal yang diadakan pada hari ke 2 lebaran, tepatnya hari Senin, 2 Syawal 1433 H atau 20 Agustus 2012 merupakan sebuah acara pertemuan para warga perantauan dengan sanak-saudara, teman dan segenap warga satu kelurahan.

Disponsori oleh anak-anak perantauan maka terselenggaralah acara pagelaranwayang kulit dan juga hiburan lawak yang menghadirkan pelawak Gareng dari Semarang. Acara ini cukup meriah dan semarak, meskipun tempat yang digunakan tidak mampu menampung penonton yang datang dari berbagai penjuru desa. Dan yang membuat berbeda adalah dalang yang memainkan pagelaran wayang kulit ini adalah seorang wanita bernama Ki Wulan, yang sudah tidak asing lagi di dunia pewayangan bahkan sudah sering tampil di anjungan budaya Taman Mini Indonesia Indah.

Ki Wulan, adalah satu-satunya dalang wanita saat ini yang sudah berpengalaman memainkan wayang kulit semenjak kecil. Tak heran kemampuannya saat ini sudah sangat mumpuni. Ini diperoleh selain karena Ki Wulan adalah keturunan dalang (Bapaknya adalah Ki Hadi Carito, dalang era 80-an yang kini sudah sepuh),  Ki Wulan termasuk tipical anak muda yang rajin dan gigih menekuni profesinya.

Source Kompas kompasiana.com/heripurnomo/55170f318133118f669de0ce/halal-bihalal-dan-pagelaran-wayang-kulit-bersama-ki-wulan
Comments
Loading...