Pagelaran Wayang : Henti Pagelaran Wayang Solo

0 47

Bagaimana mungkin sebuah pertunjukkan kesenian berupa pertunjukkan wayang yang digelar oleh Kelompok Kesenian Wayang Kampung Sebelah tiba-tiba saja dihentikan secara paksa oleh sekelompok orang-orang yang mengatasnamakan dirinya dari sebuah organisasi massa yang berlatarbelakang agama tertentu. Pertunjukkan kesenian wayang tersebut digagas oleh Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sinar Pelangi

yang didirikan oleh Joko Kristanto warga Kampung Mojo Kelurahan Semanggi Pasar Kliwon-Solo. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional.¬†Acara yang diselenggarakan pada hari jumat tanggal 27 Mei 2011 ini didukung oleh warga Mojo RT 06 dan RT 07 RW 05 Kelurahan Semanggi dengan dimeriahkan pementasan¬†Wayang Kampung Sebelah (WKS). Menurut Jliteng Suparman yang juga sebagai dalang WKS bahwa keterlibatan WKS pada acara tersebut bersifat sukarela, pentas secara cuma-cuma sebagai bagian dari misi “Serangan Pentas”.

Yang mana sejak bulan Juli 2009 WKS secara mandiri memiliki program kegiatan yang dinamakan “Serangan Pentas” yakni pentas gratis ke kampung-kampung atau tempat-tempat tertentu dengan misi menebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mengkokohkan empat pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Source Kompas kompasiana.com/arrie_boediman_laede/5500d83ca333119a7251216d/nggilani-pagelaran-wayang-di-solo-dihentikan-secarapaksa-oleh-sebuah-ormas-keagamaan
Comments
Loading...