Pagelaran Wayang : Indonesia Raya Sebelum Wayang

0 74

Sebuah pagelaran wayang kulit purwa, lazimnya dimulai dengan dimainkannya Gendhing Talu. Tetapi pada sebuah pagelaran wayang kulit purwa yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 Desember 2010, di Gedung Serba Guna ITENAS, dalam rangka pelaksanaan

Road to Bandung Wayang Festival 2011

dan memperingati 1 Sura, dhalang Ki Prayoga Djogonegoro, tiba-tiba meminta seluruh peserta dan penonton untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Ini sebuah awal yang sangat mencengangkan, karena selama hidup saya, belum pernah ada sebuah pagelaran wayang yang diawali dengan acara menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Seluruh penonton, saat itu serentak berdiri tegak menghadap ke arah panggung pagelaran wayang.

Sedangkan seluruh pengrawit, pesindhen, dan dhalang, berdiri tegak; menghadap ke arah penonton. Tak ada yang berbicara sepatah katapun saat itu. Suasana seketika menjadi hening. Lagu ‘ Indonesia Raya’ yang berasal dari sebuah ‘flash disk’  lalu diperdengarkan lewat sebuah ‘laptop’ yang disambungkan ke perangkat pengeras suara. Nyanyian kebangsaan yang sakral itu, terdengar menggema gemuruh di seluruh penjuru ruang pagelaran. Semula, tidak ada penonton atau penyaji pagelaran yang ikut menyanyikannya.

Tetapi beberapa detik kemudian, saya melihat dan mendengar suara semua orang yang ada di dalam ruang pagelaran itu ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan keras. Semua orang seperti tersihir oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Source Facebook facebook.com/notes/bram-palgunadi/lagu-indonesia-raya-sebelum-memulai-pagelaran-wayang/179654982060758
Comments
Loading...