Pagelaran Wayang : Inovasi Pertunjukkan Wayang

0 95

Wayang purwa merupakan salah satu seni tradisi yang sampai sekarang masih sering digelar di hadapan publik. Hal ini layak disyukuri bersama. Mengingat banyak seni tradisi, semisal: emprak, dhadhung awuk, srandhul, wayang beber, wayang thengul dan masih banyak lainnya telah mengalami ‘mati suri’.

Masih menggairahkannya pergelaran wayang purwa, dikarenakan seni tradisi tersebut selalu mengalami inovasi pada berbagai unsur di dalamnya secara dinamis, yang meliputi: bentuk wayang, alur cerita (akibat kombinasi gagrak Yogyakarta dan Surakarta), sabetan, penampilan dua atau tiga dhalang dalam satu, dua atau tiga kelir, pelibatan artis (penyanyi dan pelawak) dalam adegan limbukan atau gara-gara, pencahayaan, dan musik pengiring. Perihal pembaruan di dalam pertunjukan wayang purwa selalu mengundang kontroversi (pro-kontra) sungguh tidak dapat dipungkiri.

Pihak yang pro terhadap inovasi mengatakan, “Inovasi sangat diperlukan. Agar seni wayang purwa senantiasa hidup seirama zamannya.

Sementara pihak yang kontra terhadap inovasi mengklaim, “Inovasi niscaya merusak pakem. Suatu aturan baku yang diadiluhungkan di dalam pergelaran wayang purwa.”

Source Kompas kompasiana.com/eswaacmad/550f33f4a33311be2dba86f1/inovasi-pertunjukkan-wayang-purwa-musti-terkendali-sumber-minggu-pagi
Comments
Loading...