Pagelaran Wayang : Kerajaan Astina (Ngastina, Astinapura)

0 744

Menurut orang India, Layang Ramayana dan Mahabharata adalah semacam buku sejarah, artinya cerita yang ada di dalam ke dua layang atau buku dan kitab, pada jaman dahulu memang benar – benar terjadi di India. Bahkan ada yang menerangkan bahwa : Kerajaan Astina yang pada jaman Prabu Bharata atau Adik Sri Rama disebut Pratistana, terletak di kaki pegunungan Himalaya di antara lembah Madya – Desa, di tepian bengawan Gangga dan pertemuan sungai Jamuna dan Serayu.

Astina dalam Jawa disebut Ngastina atau lengkapnya adalah Astinapura adalah nama Negara dalam kisah Mahabharata yang menjadi sengketa antara keluarga Kurawa dengan keluarga Pandawa, sehingga mengakibatkan perang Baratayudha di Kurusetra dengan berbagai konflik yang menjadi latar belakangnya. Kurawa dan Pandawa adalah keluarga dekat, satu bapak lain ibu yaitu dari bapak yang bernama Wiyasa. Wiyasa menikahi Dewi Ambiki yaitu janda Prabu Citragada tanpa melakukan hubungan suami istri.

Melihat wajah Wiyasa yang buruk seketika Dewi Ambiki menutup mata sehingga kelak mempunyai anak dengan nama Drestarastra yang buta. Sedangkan Wiyasa yang menikahi Dewi Ambika yaitu janda Prabu Citrawirya juga tanpa melakukan hubungan suami istri, ketika melihat wajah Wiyasa wajah Dewi Ambika pucat sehingga kelak mempunyai anak dengan nama Pandu Dewanata berwajah pucat. Yang menjadi Raja setelah Wiyasa adalah Pandu karena Drestarastra buta.

Source My Wayang Yoga Hart
Comments
Loading...