Pagelaran Wayang : Kerajaan Indraprastha (Amarta)

0 304

Kerajaan Indraprastha atau Amarta, Ngamarta, yaitu kerajaan Prabu Yudhistira, pada zaman sekarang adalah yang disebut kota Delhi. Negara Amarta atau Ngamarta hanya ada dalam dunia pewayangan. Negara yang rajanya bernama Prabu Yudistira atau Puntadewa itu terkenal gemah ripah loh jinawi. Hal itu pula yang sering kita dengar untuk sebutan negara kita Negara Indonesia yang gemah ripah loh jinawi. Namun kita hanya mendengar dan sekadar mengucapkan gemah ripah loh jinawi tanpa tahu apa sebenarnya yang disebut gemah ripah loh jinawi itu.

Dalam pagelaran Wayang Kulit ada narasi yang disebut pocapan atau janturan. Janturan untuk mendeskripsikan kondisi sebuah negara yang sedang dijadikan pembuka atau jejer atau adegan pertama dalam cerita yang digelar semalam suntuk. Dalam jejer pertama itulah terselip kata nagari ingkang panjang, punjung, pasir, wukir, gemah, ripah, loh, jinawi, kerta lan raharja. Disini saya tidak bermaksud mengulas tentang dunia pewayangan, namun sekadar menerjemahkan secara bebas janturan atau narasi pada adegan pertama Negara Amarta.

Apakah yang dinarasikan oleh sang dalang dalam adegan tersebut juga menggambarkan kondisi geografis, sosial dan ekonomi Negara Indonesia saat itu. Dibawah inilah ringkasan atau potongan – potongan dan terjemahan bebas janturan Negara Amarta tersebut : Satus Tan Angsal Kalih. Dalam seratus negara hanya ada dua yang istimewa, salah satunya Amarta.

Source My Wayang Yoga Hart
Comments
Loading...